Masakan Jepang Paling Populer di Seluruh Dunia

Makanan Jepang merupakan salah satu makanan asing yang paling mudah ditemui di Indonesia. Masakan pedesaan Sakura disajikan oleh gerai makanan cepat saji, toko, dan pedagang kaki lima. Dengan ciri khasnya, teknik pengolahannya yang unik, rasanya juga cocok untuk bahasa Indonesia untuk mempopulerkan makanan Jepang.

6 Masakan Jepang Paling Populer di Seluruh Dunia

Berikut adalah beberapa makanan khas Jepang untuk dicoba:

1. Sushi

Masakan Jepang Paling Populer

Sushi adalah hidangan Jepang yang sangat populer di seluruh dunia. Di Indonesia, makanan ini bisa ditemukan di berbagai restoran sushi, dari yang paling mahal hingga yang paling murah. Sushi terbuat dari nasi dengan seafood, telur, dan sayuran segar. Meski tampilannya sederhana, sushi rasanya enak.

Sushi memiliki rasa dan cara tersendiri untuk mencicipinya. Misalnya, jika Anda sudah makan satu jenis sushi dan ingin mencoba jenis sushi yang lain, kami sarankan untuk mengonsumsi gari.

Gari merupakan irisan jahe merah muda yang selalu ada di sushi. Fungsi dari gari adalah untuk menetralkan rasa di lidah agar rasa sushinya selalu asli dan tidak nantinya tercampur dengan rasa makanannya. Pada umumnya, makanan Jepang satu ini juga dapat dinikmati dengan wasabi dan kecap.

2. Sashimi

Hidangan khas Jepang lainnya yang hampir mengingatkan pada sushi adalah sashimi. Perbedaan antara sashimi dan sushi ialah pada nasinya. Sashimi adalah produk makanan mentah murni yang tidak memerlukan nutrisi tambahan, cukup kecap dan/atau wasabi.

Sashimi terbuat dari makhluk laut dan ada banyak jenisnya, ada juga beberapa ikan laut yang cukup beracun untuk membuat sashimi. Namun jangan khawatir, para chef yang mengolah ikan tersebut harus memiliki izin untuk mengolahnya.

3. Shabu Shabu

Shabu-shabu merupakan makanan khas negara Jepang yang terdiri dari irisan tipis daging, tahu, jamur, dan sayuran. Daging yang biasanya digunakan adalah daging sapi dan terkadang ayam, ikan atau cumi-cumi. Shabu-shabu daging sapi bisa dinikmati dengan gomadare atau saus wijen Jepang.

Biasanya, ketika mengunjungi restoran shabu-shabu, pengunjung menerima instruksi singkat dari pelayan dan shabu-shabu dimasak dalam panci khusus.

Saat menyantap masakan Jepang, dasar perbedaan pengolahannya adalah rebusan yang disajikan. Pada umumnya restoran shabu shabu selalu menawarkan tiga jenis topping hotpot, yaitu miso pedas, kara miso, dan kaldu dashi.

Baca Juga : Ide Bisnis Makanan Kekinian di Tahun 2022

4. Ramen

Masakan Jepang Paling Populer

Berbicara tentang ramen, Anda pasti ingat suasana toko jalanan yang sering terlihat di banyak serial kartun atau anime Jepang. Ramen adalah pasta khas Jepang. Berbeda dengan udon yang memiliki ukuran mie yang cukup besar, ramen memiliki ukuran mie yang sedang.

Ramen mempunyai banyak pilihan rasa dan dapat anda dinikmati dengan kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu babi, atau kaldu sayuran. Penggunaan topping dalam ramen juga beraneka sesuai selera. Dari semua makanan khas Jepang, ramen adalah salah satu makanan khas Jepang yang paling bisa diterima untuk bahasa Indonesia.

5. Onigiri

Onigiri atau bola nasi ialah makanan khas negara Jepang yang terbuat dari nasi putih. Tidak seperti sushi, metode pembuatan onigiri melibatkan menumbuk nasi dengan tangan atau dengan pencetak onigiri khusus. Onigiri biasanya dibungkus dengan lembaran nori atau rumput laut dan diisi dengan udang atau salmon, kemudian di atasnya dengan mayones, daun bawang dan mentaiko atau telur ikan terbang.

Onigiri yang biasa dijual di toko-toko memiliki cara pengemasan yang unik dan tidak bisa dibuka sembarangan. Di bungkusnya ada langkah-langkah untuk membuka bungkusnya sehingga Anda bisa makan onigiri dengan mudah dan tidak mengotori tangan Anda. Onigiri merupakan makanan yang sangat praktis dan bergizi, sehingga cocok untuk dikonsumsi pagi hari, apalagi jika Anda sangat mobile.

6. Takoyaki

Takoyaki yang artinya gurita bakar merupakan salah satu makanan khas negara Jepang yang termasuk dalam kategori snack. Adonan takoyaki terbuat dari tepung terigu, yang kemudian dituangkan ke dalam cetakan khusus berbentuk mangkuk yang berbentuk setengah bola.

Dalam sebuah nampan biasanya terdiri dari 16 lubang atau bahkan lebih. Isi takoyaki termasuk cumi-cumi, keju, dan daun bawang. Setelah matang, takoyaki ini ditambahkan saus mayonaise, rumput laut atau remah nori dan fish chips yang memberikan rasa nikmat saat disantap.