Makanan Khas Jakarta yang Sangat Melegenda

Setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang berbeda akan tetapi rasanya sangat nikmat, termasuk Jakarta. Di Tengah gempuran kuliner kekinian, seperti Jakarta Tetap mempertahankan keaslian Makanan khasnya.

Dari Banyak sekian jenis makanan Ibu Kota, Sepuluh Jadi Yang di antaranya terbang favorit. Nah Kali ini Saya akan rangkum 10 Makanan khas Jakarta Yang Jadi terfavorit dan Terkenal Di Semua Kalangan Umur. Segera Lihat Yuk Kira Kira Ada Apa Saja!

1. Kerak Telor

Liburan di Jakarta rasanya belum lengkap jika belum mencoba masakan khas Jakarta yang bernama kerak telor. Bahkan bisa dikatakan cangkang telur sudah menjadi identitas tersendiri bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Bahan utama dalam makanan tersebut adalah nasi yang dicampur dengan telur dan berbagai bumbu lainnya.

Ada dua pilihan telur yaitu telur ayam dan telur bebek. Cara memasaknya juga sangat original, yaitu memanggang di kuali dan di atas arang. Setelah setengah matang, nasi dibalik. Setelah itu, jika sudah matang, tambahkan pelengkap lainnya seperti bawang goreng atau serundeng. Menemukan kerak telur di Jakarta tidaklah sulit dan bisa ditemukan dimana saja.

2. Rangi

Makanan Khas Jakarta yang Sangat Melegenda

Kue rangi merupakan kue dan juga makanan ringan yang memiliki cita rasa yang sangat nyata. Terbuat dari tepung beras atau tepung kanji. Salah satu yang membuat rasanya enak adalah parutan kelapanya. Setelah bahan-bahan tercampur, mereka dipanggang di atas api kecil.

Setelah beberapa saat dipanggang dan kue terlihat matang, akan ditambahkan gula merah cair. Untuk mengentalkan gula . Menikmati kue ranggi paling enak saat masih panas, ShopBackers. Apalagi jika Anda menikmati bersama minuman Khas Betawi Yaitu Bir Pletok.

3. Biji Ketapang

Untuk mengisi waktu luang, warga Jakarta memiliki jajanan khas yang bernama kue biji ketapang.Saat lebaran, banyak orang yang biasanya membuat biji ketapang sendiri, dimakan atau dijual. Camilan ini sangat cocok disajikan saat ada tamu dadakan. Selain di Jakarta, biji ketapang juga dapat ditemukan di daerah lain dengan penggunaan bahan yang beragam. Khusus di Jakarta, biji ketapang biasanya dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan kelapa muda.

Biji ketapang umumnya akan garing, tergantung keahlian pembuatnya. Jika Anda penasaran untuk mencoba biji ketapang manis dan asin, mungkin akan sulit menemukannya jika Anda tidak sedang berpuasa atau menjelang lebaran. Jika Anda benar-benar ingin mencobanya, tidak ada salahnya mempelajari cara membuatnya sendiri Kue ini mudah dibuat dan tidak membutuhkan bahan-bahan yang sulit ditemukan.

  1. Geplak Betawi

Dari tekstur dan tampilannya, makanan Betawi ini mirip dengan tape yang lembut dan terlihat seperti ditaburi bedak. Namun untuk rasanya, pasty betawi memiliki rasa yang manis sedangkan tape rasanya asam. Kue Betawi ini sekarang sudah langka, Kehadiran kue terasi betawi biasanya hadir pada sebuah acara pernikahan dimana kue ini akan digunakan sebagai kue perkenalan bagi calon mempelai wanita pada sebuah pernikahan adat betawi.

Anda mungkin penasaran, mengapa kue ini disebut pasta. Menurut cerita beberapa warga yang membuatnya, kue ini dibuat dengan cara diaduk dengan tangan dan dikocok setengah-setengah. Karena dipukul, lahirlah nama Geplak Betawi. Kue ini bisa bertahan selama seminggu Jika ingin lebih tahan lama Anda bisa menyimpannya di lemari es. Jika ingin membelinya kue ini dijual dengan harga mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

5. Nasi Kebuli

Padahal, nasi kebuli merupakan makanan khas Timur Tengah yang dikenal dengan nasi biryani. Namun, keturunan Arab di desa Betawi telah berakulturasi dengan budaya lokal. Ini menciptakan makanan khas Jakarta. Nasi ini, saat dimasak, dimasak bersama kaldu kambing dan rempah-rempah pilihan.

Agar lebih nikmat, biasanya ditambahkan santan atau susu kambing. Nasi kebuli penajian disajikan dengan kambing goreng. Orang Betawi menyajikan dan menikmati makanan ini dengan tambahan acar nanas. Bisakah Anda bayangkan betapa hebatnya.

6. Kue Lupis

Jangan salah, kue lapis ini. Omong-omong, bahan pembuatannya sudah berbeda, jadi tentu saja rasanya juga berbeda.Kue Lupis terbuat dari beras ketan tanpa bahan pengawet. Kue lupis biasanya disajikan dengan kuah gula aren,

ketika dicampur dengan gula aren, memberikan rasa manis saat memakan kue ini. Kue lupis paling enak disantap di pagi hari dengan teh atau kopi panas Jika Anda bukan orang Jakarta yang berkesempatan berkunjung ke Jakarta, Anda bisa membeli loupe cake dengan harga mulai dari Rp 3.000 per buah.Kue ini juga bisa dibeli per lonjor yang dijual dengan harga sekitar Rp. 18.000. Sepengetahuan kami, setiap kue lupi biasanya terdiri dari 12 buah.

7. Soto Betawi

Tentu anda tahu makanan khas Betawi yang satu ini, selain banyak dijajakan dipinggir jalan, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Salah satu ciri khas Soto Betawi adalah adanya jeroan, juga mata sapi dan torpedo, serta keripik.

8. Roti Buaya

Roti buaya sering muncul di acara pernikahan adat Betawi. Buaya hanya kawin sekali, sehingga dipercaya sebagai lambang kesetiaan.

9. Nasi Ulam

Nasi ulam adalah nasi rames Betawi. Nasi ulam merupakan makanan khas Betawi yang terdiri dari banyak lauk pauk, seperti halnya nasi uduk yang membedakan nasi ulam dan nasi uduk adalah nasi yang biasanya dicampur dengan serundeng kelapa dan kacang tanah

Nasi ulam bisa disajikan kering atau basah, tergantung selera penikmatnya.Di wilayah Jakarta, nasi ulam basah mudah ditemukan di daerah perkotaan Betawi, Sementara nasi ulam kering lebih mudah ditemukan di pinggiran Jakarta ,Nasi ulam basah biasanya menggunakan siraman kuah rebus dengan lauk bihun goreng, irisan dadar, tempe tahu goreng, empal, daging kering, cumi goreng, dan pai kentang.Sedangkan nasi ulam kering tidak menggunakan kuah rebusan, jadi nasinya hanya dicampur serundeng dan ditambah taburan kacang tanah, irisan mentimun, daun kemangi, tauge, dan bihun goreng.

10. Ketupat Sayur

Biasanya, ketupat sayur disajikan oleh masyarakat Betawi saat perayaan Idul Fitri. Makanan khas Jakarta ini disajikan dengan kuah santan kental yang nikmat. Ketupat sayur paling sering dikonsumsi dengan ayam, semur daging sapi atau makanan pelengkap lainnya. Ditambah dengan makanan pendamping berupa snack dan cookies yang renyah membuat cita rasanya semakin menggugah selera.

Kini, untuk menikmati sajian ketupat sayur tak perlu menunggu lebaran. Pasalnya, makanan ini banyak dijual di berbagai tempat di Jakarta. Dari warung kaki lima hingga restoran yang menawarkan masakan Betawi.